Jumat, 19 Oktober 2012

Cara Menghemat Listrik Dalam Pemakaian Komputer PC

Kadang kita kaget jika mengetahui tagihan listrik melonjak tinggi, atau pulsa listrik lebih cepat habis, lalu kita bingung untuk melakukan penghematan pemakaian listrik
Jika di rumah kita ada komputer atau PC yang menuntut untuk kerja dan menyala non stop dari pagi hingga malam, maka dari sini kita dapat melakukan penghematan listrik dalam pemakaian komputer kita tanpa harus mematikannya.
Di bawah ini poin-poin yang butuh perhatian atau di ganti kalau memang diperlukan untuk ganti.

Prosesor
Prosesor merupakan otak dari komputer yang penggunaan dayanya bisa sampai 100W, untuk prosesor model lama yang masih single core lebih banyak penggunaan dayanya bila di banding yang poin core-nya tinggi semisal Quad core. jika kita menggunakan single core maka daya digunakan menjadi 100% bandingkan dengan jika menggunakan Quad(4) Core maka daya akan di bagi menjadi empat, dengan begitu processor akan lebih awet, tidak terlalu panas dan tentunya lebih hemat dalam pemakaian listrik.

RAM
Pada RAM tersimpan instruksi yang dibutuhkan untuk bekerjanya sebuah komputer, sehingga semakin besar kapasitas RAM akan semakin banyak intruksi yang dapat disimpan, sebaliknya semakin kecil RAM maka dalam proses read-write akan lebih sering sehingga pemakain listrik lebih besar, jadi semakin besar RAM  akan lebih meningkatkan kerja komputer dan akan semakin hemat dalam pemakaian listrik.

Hardisk
Dalam hardisk terdapat piringan cakram yang terus berputar saat CPU dinyalakan, dan head yang berfungsi untuk membaca data akan terus bergerek menyusuri cakram mencari data yang di perlukan, sehingga jika kita ingin mencari sebuah data film dalam hardisk kapasitas 40G maka head akan menyusuri seluruh permukaan cakram, bandingkan jika kita menggunakan hardisk 160G maka head cukup menyusuri 1/4 bagian cakram saja, tentunya ini lebih hemat dalam pemakaian listrik.

Video Card
Pemakaian daya di bagian video card bisa mencapai 200W, semakin besar nilai video card akan semakin besar daya listrik yang di butuhkan, sehingga kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan kita, andai komputer kita hanya untuk kerja kantoran, game-game ringan atau editing biasa maka kita dapat menggunakan video card yang kecil.

PSU
Inilah yang paling menentukan dalam penghematan pemakaian listrik, untuk PSU lama mempunyai efisiensi 50%-70% yang berarti jika daya yang di keluarkan PSU 100W maka yang dapat di gunakan hanya 50W-70W saja, sedangkan untuk PSU model baru memiliki efisiensi 80%-90%, ini berarti untuk 100W daya yang dikeluarkan maka akan terpakai 80W-90W, yang berarti akan lebih hemat dalam pemakain listriknya.

Monitor
Monitor juga faktor terpenting dalam penghematan listrik, untuk monitor CRT mempunyai daya antara 70W-100W bandingkan dengan LCD yang mengkonsumsi daya hanya 40W-60W saja, LCD juga lebih sehat untuk mata karena tidak menghasilkan radisi seperti CRT.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar