Selasa, 02 Oktober 2012

TIPS MERAWAT LAPTOP

Laptop, notebook dan sejenisnya sekarang tidak lagi barang mewah, hampir setiap kita memilikinya, di taman-taman, di warung lesehan banyak kita lihat orang membuka laptopnya, entah apa yang mereka kerjakan, mereka seperti asik dengan dunianya sendiri.

Begitu penting arti laptop bagi kita, maka sangatlah wajar jika kita merawatnya dengan sungguh-sungguh, agar laptop kita awet dan tidak rusak, karena ongkos service laptop sangatlah mahal, untuk itu disini akan saya berikan sedikit tips untuk merawat laptop kita.

  • Jangan gunakan laptop terlalu lama, penggunaan laptop yang terlalu lama tanpa berhenti akan menyebabkan laptop panas, dan ini adalah kelemahan dari semua barang elektronik, tidak awet jika sering kepanasan.
  • gunakanlah cooling pad jika terpaksa harus menggunakan laptop terlalu lama, ini bisa mencegah panas yang berlebihan di dalam laptop.
  • Jaga sirkulasi udara di dalam laptop, setiap laptop pasti ada jendela-jendela di casingnya yang berguna untuk sirkulasi udara di dalam laptop yang diatur oleh kipas listrik di dalamnya, kita usahakan agar jendela udara ini tidak tertutup, maka lebih baik gunakan laptop di tempat yang datar dan terbuka. agar udara bisa bebas bersirkulasi.
  • Jangan mengunakan laptop ditempat yang bersuhu panas karena udara yang panas akan terhisap masuk ke dalam laptop, sehingga mempercepat panas di dalam laptop.
  • Jangan menggunakan laptop sampai batray-nya habis, hal ini membuat batray akan cepat drop/rusak, usahakan untuk meng-charge batray saat tersisa kira-kira 25%.
  • Saat meng-charge usahakan agar laptop pada posisi OFF, jangan meng-charge sambil menggunakan laptop, untuk menghindari beban batray yang terlalu berat, sehingga batray akan drop/rusak.
  • Untuk penggunaan touchpad yang lama semisal untuk internet, maka akan lebih baik jika di gantikan oleh mouse, karena touchpad akan cepat rusak bila sering di gunakan, dan perbaikannya membutuhkan biaya mahal di banding bila kita membeli mouse.
cukup sekian semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar