Senin, 01 Oktober 2012

MEMPERBAIKI REMOTE CONTROL YANG RUSAK


Biasanya tidak kita sadari betapi pentingnya sebuah remote control, dikala remote masih bagus kita menganggapnya hanya sebagai barang pelengkap saja, meletakan sesuka hati, bahkan kadang tertindih ole tubuh  atau kadang kita menjatuhkanya dari atas meja atau lebih parah lagi kita buat melempar kucing yang lewat didepan kita hanya karena kita kesal acara di tv tidak ada yang bagus.

Tetapi ketika remote control rusak barulah terasakan betapa pentingnya sebuah remote control, kita harus berkali-kali bangun untuk mengganti chanel tv, mengecilkan volume player disc dan coba bayangkan jika remote control AC/pendingin udara kita yang rusak.
Itulah remote control " si kecil yang ajaib ".

Tetapi bagaimana jika remote control kita rusak?
tenang saja sekarang sudah banyak di jual remote control pengganti, dari yang asli pabrik sampai remote control " tembakan" alias aspal (asli palsu), dari remote control biasa sampai remote control yang bisa diset untuk segala merk atau remote control multi fungsi, ada yang diset manual ada pula yang sudah otomatis.

Tapi bukan itu tujuan tulisan ini, sebelum melangkah ke toko untuk membeli yang baru alangkah baiknya jika mencoba untuk memperbaiki remote control kita yang rusak, siapa tahu kerusakannya hanya sepele dan apalagi bila remote control kita asli bawaan dari alat yang kita beli, maka sayang kalau untuk di buang.

Berikut ini saya berikan tips untuk memperbaiki remote control :
  • Biasanya remote hanya berminyak atau terkena debu saja, maka langkah pertama memperbaikinya adalah dengan melepas batrai dan membuka remote control lalu di urai satu-persatu komponen remote dari casing, keret tuts, dan mesin remote semua bersihkan dengan kuas lembut, jika berminyak maka cuci dengan air bersih di tambah sabun sedikit saja, jemur hingga kering, sebelum dirangakai kembali lihat jalur di pcb-nya apakah ada yang putus atau tidak, lihat juga solderan komponen, jika perlu solder ulang semua komponen, tapi untuk ic harus extra hati-hati, periksa pula arang di mesin remote dan karet tuts, jika ada yang terkikis maka olesi dengan arang cair ( beli di toko elektronik), bersihkan pula konektor untuk batrai biasanya berkarat, korek dengan cutter atau apa saja hingga karat hilang, setelah semua beres pasang remote dan masukan batrai lalu cobakan.
  • Jika masih rusak buka kembali remote, lepas IR LED tapi sebelum melepas perhatikan letak kaki dalam memasang IR LED kalau perlu di catat, cek dengan AVO meter : posisi AVO X100, 1.tempelkan colok merah di satu kaki dan colok hitam di kaki satunya, lihat dan catat jarum jika diam (catat : 1D) atau bergerak(catat :1G). 2.lepas colok dan di balik dalam menempel kan colok ke  IR LED, perhatikan dan catat jarum jika diam (catat : 2D) atau bergerak (catat : 2G), cocokan catan anda dengan berikut ini, 1D+2D IR LED rusak, 1G+2G IR LED rusak, 1D+2G dan 1G+2D IR LED bagus, jika rusak maka ganti dengan yang baru, dalam memasang perhatikan kaki-kaki IR LED, jika masih bagus kita ke langkah selanjutnya.
  • Kita ganti X-talnya, ukuran yang umum 455 tapi ini tergantung dari jenis remot, menurut pengalaman  komponen ini yang paling sering rusak, lepas dan ganti, jangan kuatir dalam memasang X-tal, karena X-tal tidak mempunyai kutub jadi bolak-balik kaki nya sama saja. selesai, cobakan.
  • Jika masih rusak juga kita ganti elconya, biasanya short (konslet) atau kering, tapi ini jarang terjadi, tutup kembali remote pasang batrai dan cobakan
  • Jika masih rusak sampai langkah disini, berarti kerusakan pada ic remote anda, maka memang lebih baik ganti remote saja.
terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar