Senin, 01 Oktober 2012

MEMBUAT RUNING TEXT DENGAN ULEAD VIDEO STUDIO 10


Bagi anda yang suka edit mengedit video pasti sangat kenal yang namanya program Ulead Video Studio 10 (UVS 10), program editing video yang satu ini cukup kecil, dengan spesifikasi computer yang biasa saja sudah bisa untuk menjalankanya, tapi jangan dikira hasil rendernya kalah dengan program yang lain lho.

Kita sering melihat di tv-tv, tulisan yang berjalan di bawah layar untuk menampilkan berita, pemberitahuan dan iklan atau apapun saja, tulisan macam ini biasa di sebut dengan running text.
Di dalam program Ulead Video Studio 10 pun ada animasi untuk tulisan berjalan seperti yang di tampilkan di layar tv-tv, untuk itu mari kita pelajari dan buat running text dengan Ulead Video Studio 10.
  1. Pilih tab Title
  2. Buat tulisan yang panjang di layar putar video, yang nanti akan kita jadikan running text.
  3. Pilih tab Animation 
  4. Klik kotak kecil di samping tulisan Aply Anymation untuk mengaktifkan animasi
  5. Pada pilihan Type klik tanda panah ke bawah dan pilih Fly 
  6. Dalam contoh-contoh tulisan animasi yang tampil, pilih animasi yang pertama di pojok kiri atas, bergambar huruf abjad bergerak keatas.
  7. Klik Customize Animation Atribute yang di wakili lambing dua buah huruf T di samping kanan pilihan Type.
  8. Akan tampil kotak baru dengan bermacam pilihan : Di Start Unit pilih Type, di End Unit pilih Type, di Pause pilih No Pause, dan yang paling menentukan dari proses semuanya adalah : di bawah tulisan Enter terdapat delapan anak panah mengarah ketengah, ini menentukan arah dari tulisan kita akan muncul. di sampingnya ada tulisan Exit dengan di bawahnya ada delapan anak panah mengarah keluar, ini menentukan arah dari tulisan kita berjalan, sebagai mudahnya kita pilih anak panah ke kiri untuk enter dan anak panah ke kiri untuk exit. Tekan OK.
  9. Pilih tab Edit dan tentukan durasi waktu jalan untuk text kita, juga jenis font dan ukurannya, serta pembuatan background untuk text jika diperlukan, dan lain-lainya yang dapat di coba sendiri.
Selesai dan coba di jalankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar