Senin, 01 Oktober 2012

MEMPERLAMBAT ATAU MEMPERCEPAT DURASI VIDEO DENGAN ULEAD VIDEO STUDIO 10


Kita pasti pernah melihat film Charlie Chaplin, film tempo doeloe yang bisa membuat kita tertawa, melihat cara berjalan Charlie chaplin saja kita sudah tertawa, lucu berkesan patah-patah dan cepat.
Atau kita pernah melihat film The Six Milion Dollarman, film yang sangat di sukai tidak hanya anak-anak tapi juga para remaja di era tahun 80an, sering dalam adegan filmnya di tampilkan sang tokoh berlari tapi di perlambat sehingga berkesan sangat kuat.

Sekarang di era computer kita dapat membuat efek film seperti itu, apalagi banyak program editing yang bisa digunakan untuk membuatnya, salah satunya Ulead Video Studio 10 (UVS 10).

Di sini akan di tunjukan cara untuk membuatnya dengan program Ulead Video Studio 10:

Buka tab Edit di pilihan tab paling atas di layar UVS 10 
Masukan video yang akan kita edit ke timeline
Klik pilihan menu Playback Speed, maka akan muncul jendela baru dengan tiga opsi pilihan : 
  • kita dapat menuliskan durasi waktu putar dengan ukuran prosentase di pilihan Speed, dari 0% sampai 1000% dengan 100% adalah ukuran durasi normal, jika kita isi kurang dari 100% maka durasi video menjadi panjang dan efek film akan seperti film The Six Milion Dolarman, jika kita ketik diatas 100% maka durasi video menjadi pendek dan efek film seperti Charlie Chaplin.
  • jika kita tidak mau repot menulis kita dapat menggunakan slidebar dibawahnya, dengan mengeser slidebar ke arah kiri dari tanda Normal maka durasi video akan menjadi panjang (slow) atau mengeser ke kanan dari tanda normal maka video akan berdurasi cepat (fast)
  • Atau kita dapat menggunakan pilihan ketiga dengan langsung mengisikan durasi video yang kita kehendaki di Time Stretch, dengan terlebih dahulu kita mengetahui durasi normal dari video.
Klik Preview untuk melihat hasilnya, jika dianggap masih kurang kita dapat mengulanginya lagi, tapi jika sudah cukup klik OK
Jika kita tidak membutuhkan suara dari video maka dapat kita buang dengan klik tombol mute bergambar speaker X di kanan pilihan volume, lalu kita dapat memasukan suara lain.

Selesai dan render video untuk di simpan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar