Senin, 01 Oktober 2012

MERUBAH CRT BERFOKUS DUA



Mungkin kita pernah menemukan suatu CRT yang memiliki dua fokus, dan kita ingin menggunakan CRT itu untuk mengganti CRT kita yang rusak, tapi sayang CRT kita hanya mempunyai satu fokus.
Atau saat kita akan merakit tv cina menggunakan CRT monitor atau CRT tv yang berfokus dua, sedang dari flyback hanya mengeluarkan satu fokus, nah timbul deh masalah.

Memang walaupun jarang penggunaanya tapi CRT berfokus dua memang ada di gunakan, sepanjang yang penulis temui ada pada SAMSUNG 29Z4 dan 29Z7 tv 29”, dan merk SONY pada sebagian tv-nya, pada  tv cina terutama yang menggunakan CRT monitor 17” hampir semua berfokus dua.

Modifikasi dari CRT berfokus dua menjadi satu fokus ini, kita hanya perlu membutuhkan satu buah trimpot besar yang mempunyai nilai 20M ohm ( 20000K ohm) yang berkemampuan 2 watt atau kalau bias lebih, karena beban tegangan besar yang akan di terimanya, ini demi awet dan stabil fokusnya nanti, untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar.

Screen dari flyback dapat di pasang seperti biasa langsung ke pin G2 di soket RGB. Dan setelah semua terpasang dengan benar, langkah berikutnya adalah anda hanya perlu mengatur ketajaman dan focus gambar di CRT.
Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar